Headlines News :

Jaringan Ekstranet

on 08/11/11 | 19:56

Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Gambar Jaringan Ekstranet

Jaringan Ekstranet

Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes

Komponen dan Struktur dari Ekstranet

Ekstranet mempunyai dasar  intrastruktur sama dengan internet, seperti TCP/IP Protocols, server, e-mail dan browser Web. Tetapi ekstranet menggunakan Virtual Private Network (VPN) untuk membuat komunikasi melalui internet lebih aman.

Keuntungan Penggunaan Ekstranet
  • Keuntungan yang kita perolah diantaranya sebagai berikut:
  • Memerlukan lebih sedikit pekerja help-desk dengan mengotomatisasi inquiry system, pelanggan hanya menghubungi basis data untuk mencari informasi
  • Meningkatkan kualitas dengan komunikasi antar komputer dapat mengurangi error pada masukan data (data entry).
  • Mengurangi biaya komunikasi dan transportasi maupun administratif
  • Proses dan arus informasi lebih cepat
  • Mengurangi pekerjaan yang menggunakan kertas dan pengiriman barang tepat waktu
  • Peningkatan secara keseluruhan pada efektifitas bisnis
Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa sebuah jaringan koputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet yang hanya digunakan dalam internal perusahaan atau kantor dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data seperti internet disebut intranet, yang mempunyai keterbatasan dalam priviledge dan hak ases para pemakainya. Dan dikatakan Ekstranet apabila sebuah badan usaha atau bisnis tersebut mengekspose sebagian dari internal jaringan ke komunitas di luar agar dapat di akses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router (intranet ini akan menjadi ekstranet).
Share this post :
 
Support : Tes
Copyright © 2011. TipsKu - All Rights Reserved
Tes
Proudly powered by Blogger