Headlines News :

Metropolitan Area Network ( MAN )

on 01/11/11 | 19:22

Metropolitan Area Network atau biasa disebut MAN adalah jaringan komputer biasanya mencakup sebuah kampus atau kota, yang biasanya menghubungkan jaringan area lokal dengan menggunakan teknologi beberapa backbone kecepatan tinggi. MAN sering menyediakan koneksi yang efisien ke jaringan area luas (WAN).

Ada tiga fitur penting yang membedakan MAN dari LAN atau WAN:
  • Ukuran jaringan berada peralihan antara LAN dan WAN. MAN biasanya meliputi area seluas antara 5 dan 50 jangkauan km. Banyak Mans mencakup area ukuran kota, meskipun dalam beberapa kasus mungkin Mans sekecil sekelompok bangunan.
  • Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN, komunikasinya link dan peralatan umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada pengguna.
  • MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.
  • MAN mengadopsi teknologi dari kedua LAN dan WAN untuk melayani tujuannya. Beberapa teknologi warisan digunakan untuk MAN adalah ATM, FDDI, DQDB dan SMDS. Teknologi ini lebih tua sedang dalam proses digantikan oleh 10 Gigabit Ethernet dan Gigabit Ethernet. Pada tingkat fisik, hubungan antara LAN MAN telah dibangun pada kabel serat optik atau menggunakan teknologi nirkabel seperti microwave atau radio.
Jadi dengan kata lain Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Gambar contoh MAN

Metropolitan Area Network ( MAN )
Share this post :
 
Support : Tes
Copyright © 2011. TipsKu - All Rights Reserved
Tes
Proudly powered by Blogger