Headlines News :

Wide Area Network (WAN)

on 01/11/11 | 19:40

Wide Area Network atau biasa disebut WAN adalah kumpulan komputer dan sumber daya jaringan terhubung melalui jaringan di area geografis. Wide-Area Network biasanya dihubungkan baik melalui internet atau pengaturan khusus yang dibuat dengan perusahaan telepon atau penyedia layanan lainnya. Sebuah WAN berbeda dari MAN karena jarak antara masing-masing jaringan. Dalam WAN, salah satu jaringan dapat di mana saja dari beberapa ratus mil jauhnya, ke seluruh dunia di negara yang berbeda.

Media yang melayani komunikasi WAN adalah termasuk dalam Physical layer dalam 7 OSI Layer. Data yang lalu-lalang di dalam media WAN tersebut diatur dengan menggunakan seperangkat aturan yang ada di dalam layer Data link dalam 7 OSI layer.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain. Untuk router rumah port router terhubung ke koneksi internet Anda sering dicap sebagai Jaringan, WAN atau port Internet, karena itu adalah apa yang memungkinkan jaringan rumah Anda untuk berkomunikasi dengan jaringan internet. Teknologi Jaringan WAN bergantung pada fihak ketiga dalam hal ini perusahaan penyedia layanan Telecommunication yang menyediakan layanan hubungan jarak jauh. Tidak seperti pada jaringan LAN dimana koneksi antar device (komputer) ditransmisikan dari satu piranti digital / komputer kepada piranti digital lainnya melalui koneksi fisik secara langsung, teknologi jaringan WAN menggunakan kombinasi sinyal analog dan sinyal digital dalam melakukan transmisi data.

Gambar contoh WAN

Wide Area Network (WAN)
Share this post :
 
Support : Tes
Copyright © 2011. TipsKu - All Rights Reserved
Tes
Proudly powered by Blogger